Antropologi



TUGAS PROYEK MAKALAH ANTROPOLOGI







BAB 1

PENDAHULUAN

Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan rahmatnya, saya bisa menyelesaikan makalah ini. Makalah ini membahas tentang tujuan mempelajari antropologi menurut para ahli, serta mencakup tentang perbedaan adat istiadat, agama, ras dan etnis, serta bahasa di Indonesia.

Dalam penyusunan makalah ini, saya mengambil materi dari berbagai sumber dari internet. Materi ini berisi pendapat para ahli dalam ilmu antropologi.



Tujuan

Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui tentang tujuan mempelajari ilmu antopologi, serta tentang perbedaan yang ada di Indonesia seperti perbedaan adat istiadat,ras,agama,etnis,serta bahasa.





  
BAB II

Materi

Antropologi berasal dari kata anthropos yang berarti "manusia", dan logos yang berarti ilmu. Antropologi mempelajari manusia sebagai makhluk biologis sekaligus makhluk sosial, jadi antropologi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tentang manusia dilihat dari kebudayaannya.

Perbedaan adat istiadat di Indonesia

Adat istiadat merupakan aturan tingkah laku yang dianut secara turun temurun dan berlaku sejak lama. Adat istiadat termasuk aturan yang sifatnya ketat dan mengikat. Adat istiadat memuat empat unsur yaitu nilai-nilai budaya, sistem norma, sistem hukum, dan aturan-aturan khusus.

Adat istiadat mempunyai sifat yang kekal dan mempunyai kekuatan mengikat yang lebih besar terhadap anggota masyarakatnya sehingga anggota masyarakat yang melanggarnya akan menerima sanksi yang keras.Di Indonesia terdapat bermacam-macam adat istiadat.

Berikut ini contoh adat istiadat yang ada di Indonesia :

Tabuik (Sumatra Barat)

Upacara ini digelar sebagai bentuk peringatan atas kematian anak nabi Muhammad SAW dalam sebuah perang dizaman Rasulullah dulu. Upacara ini dilakukan setiap tanggal 10 Muharram tahun Hijriah.







Dugderan (semarang, Jawa tengah)

Upacara ini digelar untuk menandai datangnya bulan ramadhan.Upacara ini dilaksakan tepat sehari sebelum puasa pertama, mulai pagi hari hingga sore menjelang senja.











Upacara Sekaten dari Yogyakarta

 Sekaten menjadi sebuah upacara yang dilakukan pada bulan Mulud dengan terlebhih dahulu di selenggarakan acara malam sekaten selama hampir sebulan.Pada sesi puncak,terdapat upacara gunungan yang di arak ke masjid dengan iringan prajurit kraton Ngayogyakarta dengan banyak atribut yang keren.

                                                       
Perbedaan agama di Indonesia

Agama merupakan institusi penting yang mengatur kehidupan manusia.Istilah agama yang dikenal masyarakat merupakan terjemahan dari kata religion yang berarti mengikat.Di dunia ini terdapat banyak agama, termasuk juga diIndonesia. Di Indonesia terdapat 6 agama yang diakui, yaitu islam, kristen, katholik, budha, hindu, dan konghucu.Perbedaan dalam agama dapat dilihat dari cara beribadat, dan kitab suci yang dimilikinya sebagai pokok-pokok ajaran yang bersumber pada Tuhannya.

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragama dan sepenuhnya percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kepercayaan dan ketakwaan kepada Tuhan YME adalah hak asasi manusia yang paling pokok sehingga satu sama lain mengakui dan menghormati agama yang dianut. Adanya kerukunan beragama akan menumbuhkan sikap toleransi diantara warga negara



Perbedaan ras di Indonesia

Beberapa ahli mempunyai pendapat mengenai pengertian ras, namun secara umum ras dapat diartikan sebagai sekelompok besar manusia yang memiliki ciri-ciri fisik yang sama. Manusia yang satu memiliki perbedaan ras dengan yang lainnya karena adanya perbedaan fisik, seperti warna kulit, warna dan bentuk rambut, bentuk muka,bentuk badan dan lainnya.

Di Indonesia terdiri dari 4 macam ras, yaitu :

1.    Melayu Mongoloid

Merupakan ras terbesar yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Ras ini biasanya berasal dari suku Jawa, suku Toraja, suku Dayak, suku Madura dan suku Banjar. Orang yang memiliki ras ini cenderung memiliki rambut ikal dan lurus, bentuk wajahnya juga cenderung bulat.

 

    2.Wedoid

Merupakan ras yang berasal dari orang Kubu yang tinggal di Jambi, orang Sakai yang tinggal di Siak, orang yang tinggal di kepulauan Mentawa dan Enggaro. Ciri fisik ras wedoid yaitu orang-orangnya cenderung bertubuh kecil, memiliki kulit sawo matang serta rambut yang tidak lurus dan tidak ikal, bahkan cenderung mengombak.


3. Negroid

Berasal dari orang-orang yang tinggal di Semenanjung Malaya dan kepulauan Andanam. Ras negroid adalah mereka yang memiliki kulit hitam, rambut keriting kecil-kecil namun berbadan kecil.


     4.Papua Melanesoid

Merupakan ras yang berasal dari orang-orang yang tinggal di Papua, termasuk yang ada di kepulauan kai dan aru.


 Perbedaan Etnis di Indonesia

Kelompok etnis lebih cenderung kepada kepercayaan, nilai dan norma, kebiasaan serta kebudayaan dengan anggota lainnya karena persamaan latar belakang.

Etnis budaya, seperti misalnya  orang batak akan berbeda dengan orang jawa, karena orang batak identik dengan keras dan temperamen. Sedangkan orang jawa terkenal halus dan tutur kata yang sopan, apabila orang jawa bertemu orang batak maka akan kesusahan dalam berkomunikasi.


1.Suku Gorontalo dari Gorontalo

Suku yang mendiami Provinsi Gorontalo yaitu Gorontalo, Atinggola, Suwawa, Manado, Polahi

  2.    Suku Bugis dari Sulawesi Selatan
Suku yang tinggal di Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Mandar, Bugis, Toraja, Sa’dan, Bugis, dan Makassar.
   Perbedaan bahasa di Indonesia
Bahasa merupakan kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan.Faktor yang mempengaruhi perbedaan bahasa di indonesia adalah karena bangsa indonesia memiliki budaya yang beragam dan berbeda-beda tidak hanya satu budaya,satu bahasa,dan satu adat istiadat tetapi bangsa indonesia memiliki ragam bahasa dan budaya yang sangat bercorak dan sangat banyak.Di indonesia ada bahasa jawa,madura,sunda,melayu,dan baanyak lagi karena bahasa di indonesia sangatlah beragam.

Macam Macam Bahasa Di Indonesia

1.     Bahasa Daerah di Kalimantan



Bahasa Daerah di Kalimantan antara lain Bahasa Bahau, Bahasa Bajau, Bahasa Banjar, Bahasa Iban, Bahasa Kayan, Bahasa Kenya, Bahasa Klemautan, Bahasa Melayu, Bahasa Milano, Bahasa Ot-Danum.



2.    Bahasa Daerah di Sulawesi



Bahasa daerah di Sulawesi antara lain Bahasa Bubgkumori, Bahasa Laki, Bahasa Landawe, Bahasa Mapute, Bahasa Buol, Bahasa Gorontalo, Bahasa Kaidipan, Bahasa Bulanga, Bahasa Balantak, Bahasa Banggai, Bahasa Babongko, Bahasa Loinan, Bahasa Bonerate, Bahasa Butung, Bahasa Kalaotoa, Bahasa Karompa, Bahasa Layolo, Bahasa Walio, Bahasa Bugis, Bahasa Luwu, Bahasa Makassar, Bahasa Mandar,



3.    Bahasa Daerah di Bali



Bahasa daerah di Bali antara lain Bahasa Bali dan Bahasa Sasak.



   KESIMPULAN
 Antropologi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa. Terbentuklah ilmu antropologi dengan melalui beberapa fase. Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama, antropologi mirip seperti sosiologi tetapi pada sosiologi lebih menitik beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya dan terdapat berbagai perbedaan yang membuat Indonesia semakin bersatu.
                                        SARAN

Dengan ditulisnya makalah ini penyusun berharap pembaca dapat mengetahui apa itu antropologi,cabang-cabang antropologi,dan lain-lain.kemudian makalah ini juga diharapkan dapat bermanfaat pula bagi penyusun.

         

 

         

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Letkol Isdiman

Tangkuban perahu

Canteen observation